Post Title

DUBES AMERIKA KUNJUNGI BPBD PROVINSI SUMATERA BARAT

1372

Padang(23/08)- Duta Besar Amerika Mr Brian McFeeters Mengunjungi BPBD Provinsi Sumatera Barat dalam rangka mempererat kerjasama program – Program Kebencanaan yg didanai oleh pemerintah Amerika dalam hal ini USAID dan melihat perkembangan kemajuan masing-masing program yang sudah dilaksanakan.

Pertemuan yang diadakan di Pusdalops PB BPBD Provinsi Sumbar ini membahas tentang program Technical Assistance and Training Teams(TATTs) dari Mercy Corp, Program Project Local capacity dari Word Food Program (WFP) dan Program Indonesia All-hazards Warrning and Risk Evaluation (InAWARE)  dari  Pacific Disaster Cencer (PDC).

Juga Hadir Mr Juha Salin, principle officer Konsulat General Amerika di Medan, Tamra Greg deputy principle officer Konsul Medan, John Johnsen press attache, Rachma Jaurinata econ specialist, Hans Sukanto Program Assistant, Koichi Tagaki marine attache. Dan Program Officer Indonesia yg tergabung di USAID yaitu Felisia Setyastuti – USAID, Jason Brown - Mercy Corps (chief of party), Mely Darny (west sumatra team leader)/Mercy Corps, Djoni Ferdiwijaya (national training coordinator) Mercy Corps, Iyan Figgins (WFP Logistics Officer), Silviana Puspita (WFP West Sumtra) beserta dari BPBD Provinsi Sumatera Barat Zulfiatno M,S.T,M.Sc Plt. Kepala Pelaksana, Eliyusman,S.H.MM Sekretaris, Rilvano Pagar Negara Kabid. KL, Rumainur Kabid. PK, Riswandi Kasi Darurat, Muliarson Kasi Rehabilitasi.

Selain Program Kerjasama Dubes Amerika Mr Brian McFeeters ingin mengetahui tentang  bagaimana status dari sistem kebencanaan peringatan tsunami di Sumatera Barat,  Sikap dan Kesiapsiagaan Masyarakat dan Bagaimana tingkat koordinasi dengan pihak Non-Pemerintah.

Plt. Kepala Pelaksana Zulfiatno M,S.T,M.Sc Menyampaikan bahwa untuk Penyampaian informasi mengenai gempa adalah kewenangan BMKG dan BPBD bertugas untuk Mengevakuasi Masyarakat. Zulfiatno juga menyampaikan Masyarakat masih belum memahami tentang Evakuasi gempa dan Tsunami sebab Reaksi masyarakat belum benar Hal ini dapat dilihat ketika gempa, Masyarakat masih banyak yang menggunakan kendaraan hal ini menyebabkan terjadinya tumpukan di zona merah. Kebanyakan masyarakat memilih ranah horizontal untuk evakuasi sedangkan untuk menghindari tsunami butuh tempat ketinggian seperti Shelter. Zulfiatno menambahkan bahwa kerjasama dengan Non-pemerintah sudah mulai bergerak seperti Hotel-Hotel yang dibibir pantai di padang sudah memiliki shelter.

Kepala Pelaksana BPBD menyampaikan harapannya kepada Duta besar amerika untuk tetap dan mempererat kerjasama dengan BPBD untuk mendukung Kegiatan BPBD karena BPBD masih kekurangn SDM untuk menghadapi bencana.

Duta Besar menanggapi Harapan BPBD dengan menyatakan akan tetap mensuport BPBD untuk menanggulangi bencana dan menyatakan bahwa BPBD Provinsi Sumatera Barat mampu dan lebih unggul dalam dalam mananggulangi Bencana(HA).

.

.