Post Title

HUJAN DERAS, EMPAT NAGARI DI PESSEL TERENDAM BANJIR

1061

BAYANG (24/8) - Akibat hujan deras yang turun sejak Selasa 23 Agustus malam empat Kenagarian, di Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan dilanda banjir. Hal ini terjadi karena meluapnya Batang Lumpo yang tidak mampu lagi menahan air di saat curah hujan tinggi.

Ketua KAN Gurun Panjang, Bayang, Busmanto, Dt. Rajo Lelo menyebutkan, bajir di kenagarian Gurung Pajang, Bayang dari dahulunnya memang sudah langganan banjir. Namun banjir musim ini, tidak terlalu tinggi.

"Penyebabnya, adalah Batang Lumpo yang belum juga dinormalisasi. Saat hujan, air sungai selalu meluap ke permungkiman masyarakat. Kondisinya aktifitas warga kita terhambat," kata Busmanto Rabu, 24 Agustus 2016.

Puluhan hektar lahan pertanian terendam bajir. Akses penghubung jalan warga pun terhambat bajir, ditambah fasilitas umum pemerintah seperti sekolah juga digenangi air. Kenagarian yang terkena banjir, diantaranya Kenagarian Gurun Panjang Induk, Gurun Panjang Barat, Gurun Panjang Selatan, Gurun Panjang Utara.

Ketinggian air mencapai betis hingga lutut orang dewasa atau setengah meter rata-rata,. Diperkirakan air mulai naik sekitar pukul 06.00 wib hingga pukul 14.00 wib kondisi air masih belum surut.

Hingga saat ini (24/8), kerugian warga di empat kenagarian tersebut belum terinventarisir oleh petugas. Namun melihat cuaca hujan mungkin dikhawatirkan air lebih tinggi lagi.

"Saat ini, banjir tidak terlalu besar. Kerugian belum terpantau. Dan yang paling dikhawatirkan hasil panen dan ternak warga," katanya.

[Kiki Julnasri Priatama - news.klikpositif.com]

.

.