Post Title

TRAINING OF TRAINERS MANAJEMEN DASAR PENANGGULANGAN BENCANA

1424

Sumatera Barat merupakan salah satu Provinsi yang rawan terhadap bencana dan memiliki potensi besar terhadap 12 (dua belas) jenis bencana diantaranya dari gempa bumi, tsunami, tanah longsor, banjir, gunung api, angin puting beliung dan beberapa bencana lainnya. Dalam menghadapi potensi bencana alam ini, salah satu upaya yang penting untuk disiapkan adalah dengan melihat bagaimana Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyiapkan komponen manajemen penanggulangan bencana yang sesuai dengan budaya dan geologi setempat. Salah satu diantara komponen tersebut adalah kapasitas sumberdaya manusia yang tersedia di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat.

Sebagai lembaga yang memiliki fungsi koordinasi, pelaksana dan komando pada saat sebelum, saat dan sesudah bencana, BPBD diharapkan untuk dapat bekerja secara maksimal sehingga dapat memberikan pelayanan yang berkualitas ke Kabupaten dan Kota yang membutuhkan dukungannya.

BPBD Provinsi Sumatera Barat bekerja sama dengan Mercy Corps Indonesia melalui Program TATTs (Technical Assistance through Training Teams) yang didanai oleh USAID telah mengirimkan 4 orang perwakilan Provinsi Sumatera Barat dalam kegiatan Training of Trainers Managemen Dasar Penanggulangan Bencana selama beberapa hari. Sebanyak 2 orang perwakilan dari BPBD, Mhd. Dira Oktavian, SP., MSi & Doni Putra, A.Md dan 2 orang perwakilan dari Badiklat, Ir. Ruswendi & Zulfiawarman, SE., MSi, mewakili Provinsi Sumatera Barat untuk mengikuti Pelatihan Training of Trainer (ToT) di Hotel Aston Surabaya, Jawa Timur dari tanggal 24 s/d 29 Juli 2016.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyiapkan pelatih manajemen dasar Penanggulangan Bencana di 8 provinsi dampingan TATTs diantaranya Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara, Papua dan Papua Barat.  Melalui pelatihan ini diharapkan peserta mampu memfasilitasi pelatihan dasar manajemen penanggulangan bencana di provinsi masing-masing.

Sebelumnya, BPBD Provinsi Sumatera Barat yang didukung oleh Program TATTs Mercy Corps Indonesia juga telah mengirimkan 4 orang perwakilan Provinsi Sumatera Barat ke kegiatan Training of Facilitator Rencana Kotijensi yang diadakan di Kota Jayapura, Papua.

Selanjutnya kegiatan lain yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Agustus ini adalah pelatihan PRB Inklusi dan Teknik Fasilitasi untuk BPBD Provinsi dan Kab/Kota serta para pegiat kebencanaan lainnya yang nantinya akan tergabung ke dalam Pool of Facilitator BPBD Provinsi Sumatera Barat. (melly)

.

.