Post Title

LEBARAN H+3 SUMBAR; 3 JIWA TENGGELAM DI OBYEK WISATA

727

SUMBAR - Sabtu 9 Juli 2016 telah menginjak hari ke 4 lebaran Idul Fitri 1437 H. Lokasi wisata di Sumatera Barat makin ramai dikunjungi wisatawan. Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Provinsi Sumatera Barat melaporkan hingga siang ini korban insiden dari wisatawan bertambah 3 orang.

Satgas Pusdalops membenarkan setelah menerima laporan dari Tim Siaga Lebaran Gabungan yang berada di titik-titik lokasi wisata bahwa adanya korban jiwa dari wisatawan yang sedang menikmati liburan pada H+3 ini.

Korban tengelam di Danau Singkarak Kabupaten Tanah Datar 1 anak bernama M. Ramji (8th) pelajar kelas 2 SDasal Situjuh Kota Payakumbuh. Kejadian tersebut sekitar 10.30 wib. Korban saat ini telah dipulangkan kerumah duka setelah mendapat pemeriksaan di RSUD Batu Sangkar.

Selain itu Hidayatul Irwan Ketua Markas PMI Sumatera Barat juga melaporkan di obyek wisata Water Boom Padang Situjuh Kabupaten Pasaman Barat, terjadi insiden anak tenggelam saat berenang berjumlah 2 orang; Desi (9th) kondisi meninggal, dan Iya (8th) kondisi kritis, asal dari kedua korban beralamat di Ujung Gading. "Korban telah dilarikan ke RS. Yarsi Simpang Empat", imbuhnya.

Hidayatul Irwan juga menambahkan, Tim dari PMI dan relawan lainnya sudah disiagakan di titik-titik wisata seperti; Pantai Air Manis Padang, Danau Cimpago Padang, Danau Singkarak, Danau Maninjau, Pantai Tiku Agam, Pantai Carocok, Pantai Karang Pauh Bayang, Pasir Putih Lambang Lengayang Pessel, dan Pemandian Waterboom Padang Tujuah, Pemandian Lubuk Landua. Juga dipersiapkan berbagai titik jalan pada jalur mudik.

Pusdalops BPBD Sumbar juga menerima laporan dari Satgas di lapangan, saat ini pengunjung obyek wisata membludak dan sangat memerlukan tambahan personil serta peralatan. Upaya-upaya tersebut saat ini tengah dipersiapkan dan juga akan melakukan koordinasi dengan jajaran terkait.

Dihimbau bagi masyarakat yang menikmati liburan terutama yang sedang mengunjungi obyek wisata pemandian agar selalu waspada, dan harap mematuhi anjuran serta larangan dari Satgas setempat. Bila terjadi sesuatu segera melaporkan kepada Satgas yang telah dipersiapkan di Posko-Posko setempat. Jangan terlalu terlena menikmati liburan, awasi anak-anak kita disaat sedang bermain. SALAM SIAGA. (Gst)

.

.