Post Title

TAMBANG BATUBARA MELEDAK, 5 ORANG ALAMI LUKA BAKAR

1199

Sawahlunto (27/6) – 5 orang segera dilarikan ke RSUD Sawahlunto setelah diketahui mereka keluar menyelamatkan diri dari area tambang yang terbakar. Meledaknya tambang legal batubara milik PT. NAL yang berlokasi di desa Salak kecamatan Talawi Kota Sawahlunto diketahui pada malam tadi Senin pukul 22.00 wib (27/6).

Dari informasi anggota Tagana Sawahlunto – Afrinaldi Byom, yang tengah mengikuti proses evakuasi korban, 3 orang dilarikan ke RSUD Sawahlunto karena mengalami luka serius dan dirujuk segera ke RSU M Jamil Padang pada malam ini. Sedang untuk 2 korban dikabarkan mengalami luka ringan. Adapun nama-nama korban ledakan tambang milik PT. NAL ini diantaranya;

  1. Siswoko (40) sebagai pengawas, suku Jawa asal Karang Anyer
  2. Kamunkidi Halawa (35), suku Nias tinggal di Mess PT. NAL Salam Dalam
  3. April Syaiful (37), suku Minang asal Sapan Barangin
  4. Firman Dedi (43), suku Minang asal Lunto
  5. Adi Tusiman (35), suku Jawa asal Sungai Durian

Kelima korban sampai saat ini masih dalam penanganan Tim medis, dan belum diketahui apakah masih ada korban di dalam area kejadian tersebut.

Afrinaldi kembali menerangkan, kronologis kejadian sekitar pukul 22.00 wib malam tadi terdengar ledakan di lubang “H” dalam WIUP PT. NAL, setelah dilakukan pengecekan oleh para pekerja lain, ditemukan ke lima korban tersebut yang tengah berusaha keluar, pekerja lain segera melakukan tindakan dengan menyiram badan para korban dengan air, rata-rata korban mengalami luka bakar sekitar 50% kemudian dilarikan ke RSUD Sawahlunto. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab kejadian ini. (Gst)

.

.