Post Title

Jangan Panik, Gempa 5,3 SR Agam Tak Berpotensi Tsunami

871

Padang - Telah terjadi gempa bumi magnitudo 5,3 yang berasal di Samudra Hindia Pantai Barat Sumatera, Minggu (12/9/2021), pukul 16.02 WIB akibat aktivitas subduk di lempeng Indo-Australia.

Informasi dari Stasiun Badan Meteirologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berpusat di 42 kliometer arah Barat Daya Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada kedalaman 57 kilometer.

Tak hanya di Sumbar, goncangan gempa 5,3 skala richter ini juga dirasakan oleh beberapa warga Mukomuko, Provinsi Bengkulu dengan kekuatan II MMI. Kendati begitu, gempa kali ini dilaporkan tidak menimbulkan dampak atau kerusakan.

"Belum ada laporan dampak kerusakan. Gempa ini juga tidak berpotensi tsunami. Jadi tetap tenang dan jangan panik. Apalagi terpengaruh isu yang tak bertanggungjawab,"  kata Kepala Pusat Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno.

Sementara informasi dari Stasiun Geofisika BMKG Padang Panjang, gempa 5,3 skala richter ini berpusat di 49 kilogram Barat Daya, Kabupaten Agam dan 56 kilometer Barat Laut Pariaman. Gempa ini juga dirasakan beberapa kabupaten dan kota di Sumbar.

Mulai dari Kota Padang, Bukittinggi, Payakumbuh, Solok Selatan, Pesisir Selatan, serta Padang Panjang. Gempa itu terasa II-III MMI atau getaran nyata dalam rumah hingga getaran seakan truk berlalu. (whp)

.

.