Post Title

BPBD Sumbar Siap Siaga Memasuki Musim Penghujan

1191

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit meminta BPBD Sumbar untuk siap siaga memasuki awal musim penghujan. Sebab potensi bencana di musim hujan bisa saja terjadi terutama di daerah rawan banjir dan longsor.

"Skemanya harus ada, bagaimana kordinasi, logistik dan peralatan harus siap," tegasnya.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman menyampaikan, selain menyiapkan kebutuhan pelindung diri untuk penanganan COVID-19, pihaknya juga telah siap siaga penanganan bencana dalam menghadapi musim penghujan.

Beliau menyampaikan, upaya kesiapsiagaan terus ditingkatkan dengan melakukan koordinasi dengan BPBD kabupaten dan kota di Sumbar.

"Koordinasi terus berjalan. Kami dari provinsi langsung turun dengan peralatan dan logistik jika diperlukan. Kemudian sesuai kesepakatan untuk penanganan bencana dibantu oleh kabupaten dan kota tetangga," jelasnya.

Dia menerangkan, saat ini BPBD sudah siap dengan perlengkapan laut maupun darat seperti menyiagakan perahu karet hingga helikopter yang berkoordinasi dengan Basarnas untuk evakuasi saat bencana. 

"Jadi kita jangan terlena dengan penanganan COVID-19 saja. Kita tahu Sumbar ini marketnya bencana, untuk itu kami selalu siaga setiap saat," ujarnya.

.

.