Post Title

Asap Menebal, Pemprov Sumbar Bagikan Masker

770

Padang(13/9) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat membagikan masker hari ini pukul 13.30 di Jl. Sudirman no 47 di depan kantor BPBD Provinsi Sumatera Barat untuk pengendara yang melintas, selain itu juga didistribusikan ke Kab/kota. Untuk sementara telah disiapkan 12 ribu masker.  

Masker dibagikan langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, beserta Kepala Pelaksana BPBD Prov Sumbar Erman Rahman, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, BPBD Kota Padang dan Instasni terkait lainnya.

"Sudah terkumpul masker dari BPBD, Bapedalda, Dinas Kesehatan dan beberapa instansi lain sekitar 12 ribu. Hari ini kita bagikan kepada Pengendara dan di distribusikan Ke Kabupaten Kota diantaranya  Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh, Kabupaten Tanah Datar juga Kabupeten Dharmasraya." kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sumbar Erman Rahman.

Gubernur Sumatera Barat melalui surat edaran No. 660/01/DLH-2019 Tentang Himbauan Mengurangi Aktifitas di Luar Ruangan dan Menggunakan Masker. menyampaikan kualitas udara Sumatera Barat cenderung mengalami penurunan untuk parameter debu PM 10 (partikel debu ukuran 10 mikrometer) dan PM 2.5 (partikel debu ukuran 2.5 mikrometer) dengan kategori sedang dan tidak sehat (pengukuran tanggal 12 september 2019)

Untuk menghindari dampak negatif terhadap kesehatan dan keselamatan pengendara diminta kepada Bupati / Walikota untuk:

  • Menghimbau masyarakat untuk menghindari aktifitas di luar ruangan dalam waktu yang cukup lama;
  • Kab/kota yang dampak kabutnya cukup tebal kiranya dapat menghimbau pihak sekolah untuk menunda kegiatan/aktifitas sekolah di luar ruangan (seperti olahraga, upacara atau aktifitas lainnya) dengan durasi waktu cukup lama, hingga kondiri udara membaik;.
  • Menggunakan masker apabila beraktifitas di luar ruangan, jika aktifitas tersebut tetap harus dilakukan;
  • Menghidupakan lampu kendaraan bermotor pada saat berasa di jalan raya;
  • melakukan pemantauan kualitas udara pada masing-masing daerah untuk mengetahui kondisi kualitas udara. (HA)
.

.