Post Title

BPBD Sumbar Akan Tanam Cemara Udang di Pesisir Pantai Sumatera Barat Untuk Mengurangi Resiko Tsunami

888

Padang -  Ancaman Mengathrust mentawai yang mengakibatkan Gempa dan Tsunami tidak bisa dipastikan kapan terjadinya. BPBD Provinsi Sumatera Barat Bersama BNPB dan 7 BPBD Kab/Kota di wilayah pesisir akan menanam cemara udang di sepanjang pesisir pantai.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumatera Barat Erman Rahman menyampaikan untuk mengurangi resiko Tsunami akan dilakukan mitigasi dengan penanaman cemara udang di sepanjang pesisir pantai “Vegetasi alami lebih efektif mengurangi resiko tsunami daripada konstruksi. Vegetasi alami bisa mengurangi tinggi tsunami hingga 80%. Sekarang kita akan menanam cemara udang di Pesisir pantai 7 Kab/kota “ Ujar kepala pelaksana.

Penanaman cemara udang akan dilakukan bertahap. Penamaman pertama akan dilakukan di Kota Padang menyusul 6 Kabupaten/kota lain yang terdampak tsunami seperti Pasaman Barat, Agam, Kota Pariaman, Kab. Padang Pariaman, Kab. Pesisir Selatan dan Mentawai.

Untuk penanaman dan bibit cemara udang BPBD Provinsi Sumatera Barat akan Berkoordinasi dengan BNPB, BPBD Kab/Kota dan Batalyon.

"Kami berkoordinasi dengan BNPB terkait bibit yang bagus. Nanti mereka akan kirim bibit dan kami titipkan di Batalyon di Kota Padang. Mudah-mudahan dalam minggu ini sampai di Padang," ujarnya .

.

.