Post Title

Gempabumi 5.0 SR Berada di 24 KM Selatan Pagai - Mentawai

928

GEMPABUMI (15/4) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) baru saja me realist telah terjadi gempabumi berkekuatan 5.0 skala richter pada tanggal 15 April 2016 pukul 17.24.29 wib yang berlokasi di 150 km Baratdaya Muko-Muko Bengkulu dengan kedalaman 52 km. Diinformasikan juga bahwa gempabumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Sumatera Barat menjelaskan gempabumi tersebut merupakan gempa tektonik berada di laut tepatnya di sebelah selatan pulau Pagai Selatan Mentawai, yaitu berada di 24,20 km sebelah Selatan pulau Sibaru-baru Kecamatan Pagai Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatera Barat. Kami belum mendapat laporan kondisi masyarakat disana, namun dengan kekuatan 5.0 R tersebut dipastikan di wilayah tersebut terasa sekitar skala III-IV MMI atau tidak terasa keras dirasakan oleh masyarakat setempat, ujar Satgas Pusdalops PB Sumbar yang saat ini sedang Piket. 

Sebelumnya, hari Jumat (15/4) telah terjadi gempabumi sebanyak dua kali. Gempabumi tektonik juga terjadi di wilayah Sumatera Barat pada pukul 11.43.25 wib berkekuatan 3.7 SR berlokasi di laut berjarak 60 km sebelah Baratdaya kota Pariaman. Dilaporkan juga oleh BMKG gemp tersebut tidak menimbulkan tsunami, dan pada pukul 07.30.34 wib gempabumi juga terjadi dengan kekuatan 4.0 SR, gempabumi tersebut berada darat di wilayah Sumut dekat dengan Sumatera Barat tepatnya di area sesar/patahan, 32 km Baratdaya Padanglawas-Sumatera Utara. Dilaporkan tidak ada kerusakan dalamkejadian tersebut. (gst)

.

.