Post Title

Pembinaan Relawan Se Sumatera Barat

1407

Pembinaan relawan Se Sumatera Barat diadakan pada hari selasa hingga kamis (29-31/03/16)  dihadiri oleh 4 orang perwakilan dari 19 kabupaten dan Kota provinsi Sumatera Barat. Perwakilan peserta ini dengan 3 orang relawan dan 1 orang pendamping dari BPBD kabupaten/kota. Pelatihan yang diadakan di Hotel bumi minang ini dengan narasumber dari Pusdalops BPBD Provinsi Sumatera Barat, Korem, PMI dan BASARNAS. 

Sambutan Kalaksa

Peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan, terlihat dari aktifnya peserta dalam mengajukan pertanyaan tentang materi yang disajikan pemateri terlebih lagi oleh peserta yang pernah turun kelapangan. ketika pelatihan dari PMI, Narasumber memberikan materi pertolongan pertama kepada korban, peserta semangat mengikuti hingga larut malam ditambah narasumber memparaktekan dengan peralatan yang lengkap tidak berbeda dengan sesi lainnya.

sambutan ketua panitia

Peserta dilatih cara menggunakan Radio ketika listrik dan sinyal komunikasi hilang saat darurat bencana, Pertolongan pertama saat bencana atau kecelakaan dan belajar sistem penanggulangan bencana.

Menurut Panitia, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Dodi Yuleova,S.P pelatihan diadakan untuk meningkatkan Kesiapsiagaan relawan dalam menghadapi bencana sehingga dapat mengurangi resiko bencana dan berharap untuk pelatihan selanjutnya tetap diikuti oleh perserta yang sama hingga pelatihan bisa tepat sasaran, tidak berbeda, peserta juga berharap untuk pelatihan berikutnya relawan yang sama tetap dapat mengikuti kelanjutannya agar kapasitas dapat berkembang. "mudah-mudahan pelatihan berikutnya kami dapat mengikuti lagi agar berkelanjutan" ucapnya salah seorang Relawan dari Solok Selatan. 

.

.