Post Title

Jarak Tidak Lagi Menjadi Halangan, BNPB dan Delapan BPBD Provinsi di Indonesia Memanfaatkan Media Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning)

825

Padang (16/2) -Berbagi Informasi dan pengetahuan terkadang sulit dilaksanakan karena tantangan situasi dan kondisi yang ada seperti Jarak, waktu dan biaya. Untuk memudahkannya BNPB memanfaatkan Media Pembelajaran Jarak Jauh yang menghubungkan dengan beberapa BPBD Provinsi. Seperti yang dilaksanakan pada hari Kamis (16/2) dengan delapam BPBD Provinsi yaitu BPBD Sumbar, BPBD Kalbar, BPBD Jawa Tengah, BPB Aceh, BPBD Sumsel, BPBD Gorontalo, BPBD Bengkulu dan BPB DIY dengan masing-masing peserta sebanyak 10 orang.

Dalam Kesempatan tersebut BNPB dan BPBD Membahas tentang Kebijakan Penanggulangan Bencana pada semua level Penanggulangan Bencana, yaitu baik pada Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, Kedaruratan, Logistik, Rehabilitasi dan Rekonstruksi. Pembelajaran dilaksanakan dengan metode diskusi disertai berbagi pengalaman dari masing-masing daerah dalam melaksanakan Penanggulangan Bencana. Diskusi tersebut dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar sehingga dapat mengakomondir pertanyaan dan saran dari masing masing daerah.

Disamping itu Media pembelajaran Jarak jauh dimaksud dapat menghemat biaya dan waktu sehingga meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam berbagi Informasi dan Pengetahuan. Dalam kesempatan ini Bapak Hermana Kepala Bidang Kurikulum dan Penyelenggara Pusdiklat BNPB menyampaikan Media Pembelajaran Jarak Jauh dapat mendukung Peningkatan Pengetahuan dan informasi BNPB beserta BPBD, seirama dengan Kepala Pelaksana BPBD Prov. Sumbar Bapak Nasridal Patria menyampaikan harapannya agar Pembelajaran jarak Jauh juga dapat menjadi Media koordinasi BNPB, BPBD Provinsi seluruh Indonesia, Kabupaten Kota dan Penggiat Bencana lainnya (HA).

.

.