Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat

BPBD Sumbar Dukung Kodim 0312/Padang dalam Siaga Bencana  

Posted on 23 hari yang lalu | by : Admin | 46 kali dibaca

Category: Berita Utama


Padang - Puluhan TNI jajaran Kodim 0312/Padang mengikuti kegiatan Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana Alam, di Aula Pebabri Kota Padang, pada Kamis, (26/8/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan anggota TNI wilayah Kodim 0312/Padang itu didukung penuh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat (Sumbar). Terlebih lagi, wilayah Sumbar memang sangat rawan terjadinya berbagai bencana alam, termasuk pandemi COVID-19.

"Kami atas nama pemerintah, mengapresiasi kegiatan Kodim 0312/Padang yang membantu penangan bencana, termasuk COVID-19 ini," kata pelaksana harian (Plh) BPBD Sumbar, Mulyadi dalam sambutannya.

Menurut Mulyadi, dalam penanggulangan bencana sangat butuh kolaborasi semua pihak. Salah satunya melibatkan anggota TNI dalam segala hal. Mulai dari kesiapan prabencana, ketika terjadi bencana, hingga pascabencana. Baik bencana alam, bahkan bencana pandemi COVID-19.

Selain itu, kata Mulyadi, keberadaan TNI berperan penting bagi masyarakat ketika terjadi bencana alam. Apalagi anggota TNI, mulai dari tingkat Babinsa, Koramil, hingga Kodim memang sudah terlatih di lapangan. Salah satu ontohnya jajaran Kodim 0312/Padang saat ini.

"Kegiatan pembinaan ini memang sangat positif, sehingga lebih dalam menghadapi segala kemungkinan bencana yang terjadi," ujarnya.

Sementara sebelumnya, Dandim 0312/Padang, Kolonel Infanteri M.Ghofar Ngismangil menyebutkan, bahwa kegiatan pembinaan ini untuk mengingat kembali isu-isu kerawanan bencana alam yang di Kota Padang. Apalagi, Kota Padang pernah terdampak bencana alam, termasuk pandemi COVID-19.

Dengan kerawanan bencana itu, pihaknya membutuhkan BPBD Sumbar memberikan penyuluhan tentang kebencanaan serta kesiapsiagaan bencana. Termasuk terkait situasi perkembangan COVID-19 saat ini, Babinsa masuk sebagai tim tracer untuk menindaklanjuti pendataan di lapangan.

"Kita lakukan pembinaan ini sebagai edukasi kepada masyarakat, terkait isu-isu bencana agar lebih wasapada," sebutnya.

Kemudian terkait keterlibatan dalam penangangan COVID-19, pihaknya selalu mematuhi protokol kesehatan. Sekaligus, mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan tersebut. Misalnya, rajin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak fisik, dan menjauhi kerumunan.

"Kita juga bekerja sesuai data di lapangan, melalui konfirmasi dan koordinasi dengan tenaga kesehatan atau Puskesmas, agar langkah yang diambil tepat sasaran ketika yang terpapar COVID-19," sebutnya.

Diketahui, kegiatan yang bertemakan "Bersama TNI Meningkatkan Kesadaran dan Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Menghadapi Terjadinya Bencana Alam" ini, juga diikuti para Kasi Kodim 0312/Padang, jajaran Danramil 0312/Padang, dan seluruh anggota Kodim 0312/Padang. (whp)

.

Gubernur dan Wakil Gubernur
Agenda Kegiatan
Statistik Pengunjung
  •   4 Online
      88237 Pengunjung
      230133 Hits
  • LINK TERKAIT
    • judul
    • judul
    • judul
  • CONTACT
    Badan Penanggulangan Bencana Daerah PROVINSI SUMATERA BARAT

    Email : bpbd@sumbarprov.go.id

    Alamat :

    Telp :(0751) 890720

    Fax :-