Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat

Pemprov Sumbar Pastikan Kesiapan RSUP M Djamil Tangani Pasien COVID-19

Posted on 18 hari yang lalu | by : Admin | 42 kali dibaca

Category: Berita Utama


Padang- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memastikan kesiapan RSUP M Djamil Padang dalam penanganan pasien COVID-19. Terutama dikarenakan rumah sakit ini rujukan pertama untuk kasus-kasus darurat akibat COVID-19 di wilayah Sumbar.

Salah satunya, RSUP M Djamil Padang menambahkan 86 tempat tidur ruang Intensive Care Unit (ICU), untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Sumbar. Setidaknya, dengan adanya penambahan tempat tidur ICU itu bisa menampung kasus-kasus berat ketika suatu saat terjadi ledakan kasus COVID-19.

“RSUD M Djamil ini rujukan utama kasus-kasus berat COVID-19 di Sumbar. Jadi kita pastikan kesiapannya, di antaranya tempat tidur, ICU, dan ketersediaan oksigennya,” ungkap Audy usai meninjau langsung bersama sejumlah pimpinan OPD pada Minggu, (11/7/2021).

Kendati sudah ada penambahan tempat tidur untuk pasien COVID-19, namun kata Audy, masih kendala baru. Salah satunya, masih kurangnya sumber daya manusia (SDM) Kesehatan yang bertugas di ruangan-ruangan baru tersebut. Pihaknya akan segera menggelar rapat koordinasi untuk mengatasi persoalan tersebut.

Sementara Direktur Utama RSUP M Djamil Padang, Dr.dr. Yusirwan, SpB.,SpBA(K) MARS menyebutkan, penambahan tempat tidur di rumah sakit tersebut semuanya khusus ruang ICU. Selain itu, RSUP M Djamil juga mendapatkan bantuan 8 unit ventilator untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 varian baru.

Kemudian terkait ketersediaan oksigen, dalam sebulan terakhir terjadi lonjakan kebutuha yang mencapai 800 persen yang semula hanya berkisar 400-500 persen saja. Adapun kendala bagi RSUP M Djamil Padang yakni, pemasok oksigen berasal dari daerah Dumai sehingga untuk transportasi agak terganggu.

“M Djamil juga dapat bantuan subsidi dari pusat untuk pengadaan oksigen. Terakhir kami dibantu pihak kepolisian untuk mengawal pengiriman oksigen dari Dumai, sehingga kebutuhan bisa tetap tercukupi,” ujarnya.

Wagub Sumbar meninjau RSUP M Djamil Padang didampingi Kalaksa BPBD Sumbar, Erman Rahman, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Jasman Rizal, Kadinkes Sumbar, Arry Yuswandi, Kasatpol PP Sumbar, Dedy Diantolany, dan beberapa pejabat dari instansi lainnya. (whp)

.

Gubernur dan Wakil Gubernur
Agenda Kegiatan
Statistik Pengunjung
  •   7 Online
      77908 Pengunjung
      205121 Hits
  • LINK TERKAIT
    • judul
    • judul
    • judul
  • CONTACT
    Badan Penanggulangan Bencana Daerah PROVINSI SUMATERA BARAT

    Email : bpbd@sumbarprov.go.id

    Alamat :

    Telp :(0751) 890720

    Fax :-