Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat

Sumbar Siaga Darurat Bencana, Masyarakat Diimbau Selalu Waspada

Posted on 29 September 2021 20:34:12 WIB | by : Admin | 794 kali dibaca

Category: Berita Utama


Padang - Semenjak dua pekan terakhir, hampir seluruh wilayah Sumatera Barat (Sumbar) tengah dilanda cuaca ekstrem, berupa hujan. Baik hujan dengan instensitas sedang maupun hujan lebat.
 
Kepala pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Erman Rahman menyampaikan terkait cuaca ekstrem ini pihaknya terus mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan meningkatkan siaga bencana. 
 
"Mengingat Sumbar ini sangat rawan bencana, kita mengimbau masyarakat lebih waspada. Terutama di daerah rawan bencana, seperti banjir, banjir bandang, dan longsor," kata Erman pada Rabu (29/9).
 
Dikatakan Erman, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem berupa hujan ini diprediksi akan berlangsung hingga akhir Desember 2021 mendatang. Maka seiring itu pula potensi kerawanan bencana di Sumbar harus diantisipasi.
 
Selain itu, pihaknya telah menyiapkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumbar tentang Siaga Darurat Bencana yang berlangsung hingga 31 Desember 2021. SK tersebut sudah di tangan Biro Hukum Provinsi Sumbar, dan diperkirakan dalam dua hari ke depan keluar dan bisa disebarkan.
 
Kemudian, Erman juga mengajak semua BPBD kabupaten dan kota agar berupaya meningkatkan siaga segala kemungkinan. Termasuk mengimbau masyarakat yang bermukim di kawasan rawan bencana, seperti pinggiran sungai, bibir pantai, lereng bukit, dan lainnya agar tetap waspada dan siaga bencana.
 
"Karena daerah-daerah yang rawan itu sangat kita khawatirkan dengan hal-hal yang tidaj kita inginkan. Apalagi selalu diguyuri hujan dengan waktu yang lama seperti hari ini," imbuhnya. (whp)
.

Gubernur dan Wakil Gubernur
Agenda Kegiatan
Statistik Pengunjung
  •   9 Online
      126163 Pengunjung
      323336 Hits
  • LINK TERKAIT
    • judul
    • judul
    • judul
  • CONTACT
    Badan Penanggulangan Bencana Daerah PROVINSI SUMATERA BARAT

    Email : bpbd@sumbarprov.go.id

    Alamat :

    Telp :(0751) 890720

    Fax :-