Belum ada berita.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah

PAWAI KEMERDEKAAN RI KE 72


Posted on Tuesday 22 Aug 2017 17:08:27 | by : Badan Penanggulangan Bencana Daerah | 46 kali dibaca

Category: Berita Utama



Padang (18/8) – Kemerdekaan bangsa Indonesia adalah hadiah dari perjuangan panjang dari putra putri bangsa Indonesia. Putra – putri Indonesia rela mengorbankan jiwa raga untuk kebebasan bangsanya sendiri dimasa depan. Sudah 72 tahun Indonesia merdeka, Indonesia masih harus terus berbenah untuk kemajuan bangsa Indonesia sendiri.

Untuk memperingati 72 tahun kemerdekaan Indonesia Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengadakan Pawai yang dimeriahi oleh Instansi/lembaga di Provinsi Sumatera Barat. tidak terkecuali BPBD Provinsi Sumatera Barat turut memeriahkan Pawai tersebut dengan membawa iring-iringan beberapa peralatan dari BPBD.

  1. Perahu Amphibi

Badan Perahu terbuat dari karet dan bahan aluminium dengan Panjang perahu 7.1 meter yang dapat berfungsi berjalan didaratan atau dipantai, perahu ini bergerak dengan memakai 3 (tiga) roda menggunakan mesin 4 tak dengan motor listrik. Begitu mengambang di air, ketiga rodanya ditarik masuk dengan alat hydrolis. Alat penggerak perahu diair menggunakan Mesin tempel dari 90 HP dapat mencapai kecepatan 40 knots (88 kmperjam) namun didarat hanya sanggup ni dbergerak dengan kecepatan maksimum 15 km per jam dan perahu amphibi beroda tiga ini dinamai “Sealegs”.

Perahu Amphibi diberikan oleh bantuan hibah Deputi IV BNPB Tahun 2014 dan tujuan Perahu Amphibi ini digunakan sebagai alat pengangkut/distribusi alat-alat atau persediaan makanan dari darat ke kapal-kapal pesiar (yacht) dan dilengkapi juga dengan alat-alat, pertolongan pertama di laut yang tak jauh dari pantai sebagai perahu untuk Pertolongan dan Pencarian (SAR) pada kecelakaan kapal dilaut

Perahu amphibi baru-baru ini di-uji-coba oleh Satgas Pusdalops PB BPBD dan Marinir Lantamal II berangkat dari pantai Muara Padang ke Pulau Siberut Utara Kepulauan Mentawai dengan jarak 156 km. Perjalanan sepanjang itu dijalani dengan sukses. Perahu dengan kecepatan 40 knots berlayar dengan lancar walaupun berkali-kali harus menerjang ombak yang cukup besar.

  1. Kendaraan KOMOB (Komonikasi Mobil)

Kendaraan ini diberikan oleh bantuan hibah PUSDATINMAS BNPB Tahun 2013 dengan peralatan berteknollogi terbaru Satelite Mobile dan peralatan komunikasi darurat. Kendaraan dan SDM yang terlatih yang disiapkan oleh BPBD Provinsi Sumatera Barat dalam kondisi sangat signifikan ketika terjadi situasi tanggap darurat berperan penting dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana dan peralatan tersebut medukung berbagai peralatan berteknologi mulai dari yang sederhana hingga yang tercanggih dalam respon darurat mulai dari pencarian, evakuasi, kaji cepat hingga tindakan medis bagi korban. Dan juga dapat digunakan di lokasi pengungsian sebagai Media Informasi dan Hiburan bagi korban bencana (Trauma Healing)

  1. Motor Trail

Kendaraan motor trail ini bertujuan dalam mendukung penyelenggaraan penanggulangan bencana mulai dari pencarian, evakuasi, kaji cepat hingga tindakan medis bagi korban dan juga membawa korban bencana serta membawa logistik hingga melakukan evakuasi para korban bencana hingga selamat di daerah ekstrim atau pada medan pegunungan.
 

  1. Logistik Makanan Siap Saji dan Kebutuhan Sandang Pangan

Terdiri dari

Makanan Siap Saji (Kaleng)

Sambal (gulai ikan, rending dll), Nasi Goreng, Tambahan Gizi (Bubur Kacang Hijau, Kacang Mente dll)

Paket Family Kit ( Kebutuhan Keluarga)

Selimut, Sendal, Periuk, Kuali, Tempat Nasi, Dll

Paket Kids Ware (kebutuhan Anak-anak)

Pakain/Baju, Bedak/Powder, Sabun, Minyak Angin, dll



Berita Terkait

Tidak Ada Berita Terkait

Agenda Kegiatan
belum ada kegiatan.
Statistik Pengunjung
  •   5 Online
      64 Pengunjung Hari ini
      37343 Total Pengunjung
      121477 Hits
  • LINK TERKAIT
    • Website Resmi Portal E-Gov Aplikasi Simaya PPID Sumbar
  • CONTACT
    BPBD PROVINSI SUMATERA BARAT

    Email : bpbd@sumbarprov.go.id

    Alamat : Jl.Jendral Sudirman No.47

    Telp : (0751) 890720

    Fax : (0751) 890721 Padang