Belum ada berita.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah

BPBD MEMPERKUAT KAPASITAS PENANGGULANGAN BENCANA MELALUI PELATIHAN TIM REAKSI CEPAT


Posted on Friday 28 Jul 2017 16:07:24 | by : Badan Penanggulangan Bencana Daerah | 84 kali dibaca

Category: Berita Utama



Bukittingi (28/7) –Untuk memperkuat kapasitas penanggulangan bencana BPBD melatih Tim Reaksi Cepat TRC) yang barasal dari 19 BPBD kabupaten/Kota dan beberapa dinas terkait kebencanaan di Hotel Pusako selama dua hari (27 s.d 28 Juli) di Bukittinggi. Pelatihan dihadiri oleh 52 peserta dengan narasumber dari PMI dan BPBD Provinsi Sendiri.

Pelatihan dilaksanakan tidak hanya satu arah dari narasumber. Pelatihan lebih kepada diskusi dan studi kasus sehingga TRC dari kabupaten kota dapat berbagi pengalaman selama dilapangan. Selama pelatihan peserta terlihat antusias. Salah satu peserta dari kabupaten kota yang baru bergabung ke Tim TRC mengatakan melalui forum kendala yang dihadapinya bisa didiskusikan dan dapat membantunya dalam bertugas ketika terjadi bencana.

Tim Reaksi Cepat (TRC) adalah ujung tombak dalam penanggulangan bencana terutama dalam masa tanggap darurat sebab Tim Reaksi Cepat adalah pihak yang pertama kali melakukan kaji cepat segera setelah terjadi becana. TRC akan melakukan pengkajian secara cepat dan tepat dalam waktu tertentu, antara lain mengidentifikasi cakupan lokasi bencana, jumlah korban, kerusakan prasarana dan sarana, gangguan terhadap fungsi pelayanan umum dan pemerintahan serta kemampuan sumber daya alam maupun buatan serta saran yang tepat dalam upaya penanganan bencana (HA).



Berita Terkait

Agenda Kegiatan
belum ada kegiatan.
Statistik Pengunjung
  •   6 Online
      65 Pengunjung Hari ini
      37344 Total Pengunjung
      121486 Hits
  • LINK TERKAIT
    • Website Resmi Portal E-Gov Aplikasi Simaya PPID Sumbar
  • CONTACT
    BPBD PROVINSI SUMATERA BARAT

    Email : bpbd@sumbarprov.go.id

    Alamat : Jl.Jendral Sudirman No.47

    Telp : (0751) 890720

    Fax : (0751) 890721 Padang