Belum ada berita.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah

SOSIALALISASI DAN PELATIHAN KESIAPSIAGAAN DAERAH DALAM MENGHADAPI ANCAMAN BENCANA DI PROVINSI SUMATERA BARAT


Posted on Monday 20 Mar 2017 11:03:57 | by : Badan Penanggulangan Bencana Daerah | 148 kali dibaca

Category: Berita Utama



PADANG – Bertempat di Ruang Rapat BPBD Provinsi Sumatera Barat, Senin (06/03/2017), dilaksanakan Sosialisasi dan Pelatihan Kesiapsiagaan Daerah dalam Menghadapi Ancaman Bencana, diikuti  sekitar 60 orang peserta yang terdiri dari unsur BPBD Kota/Kabupaten se Provinsi Sumatera Barat, Perwakilan Lembaga/NGO,dll.

Kegiatan ini sebagai salah satu program Kedeputian Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam rangka meningkatkan kemampuan daerah mengelola risiko bencana.

Kegiatan Pelatihan di buka oleh Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Sumbar, Rumainur, SE. Dalam sambutanya Rumainur mengatakan bahwa saat ini kondisi di Provinsi Sumatera Barat, khususnya Kabupaten Lima Puluh Kota sedang terjadi bencana, ditetapkan tanggap darurat. Untuk itu atas nama BPBD Provinsi Sumatera Barat dirinya sangat berterima kasih kepada pihak BNPB yang secara langsung turun kedaerah.

Sementara itu, Kasubdit Perencanaan Siaga BNPB, Eny Supartini bersama tim dalam pelatihan tersebut, mensosialisasikan tiga kegiatan yaitu ; Pelatihan Qlue untuk respon kebencanaan, Sosialisasi Geladi Siaga Bencana Nasional dan Pemetaan Partisipatif.

Terkait pelatihan Qlue, peserta langsung mempraktikan aplikasi tersebut melalui Androidnya masing-masing. Qlue merupakan platform pelaporan online secara langsung dari masyarakat kepada pemerintah tentang apa yang terjadi didaerahnya masing-masing.

BNPB memanfaatkan platform berbasis media social ini untuk melaporkan kejadian atau informasi potensi bencana dalam bentuk yang bisa dipertanggungjawabkan dengan menyertakan data pelapor, lokasi pelapor, dan foto objek laporan.

Untuk melihat aktivitas pelaporan melalui Qlue, dapat melalui MyCity.Qle.id, masukan nama daerah, kota/akabupaten. MyCity.Qlue.id adalah satu platform monitoring laporan warga berbasiskan pemetaan yang canggih dan dapat terintegrasi dengan command center kota Anda. Apa yang Anda lihat disini adalah laporan-laporan warga dari kota-kota yang sudah aktif menggunakan Qlue. Semakin banyak warga yang melaporkan, maka akan semakin banyak titik-titik yang bisa di lihat dalam peta MyCity.Qlue.id tersebut. (*)



Berita Terkait

Agenda Kegiatan
belum ada kegiatan.
Statistik Pengunjung
  •   3 Online
      28 Pengunjung Hari ini
      27498 Total Pengunjung
      91784 Hits
  • LINK TERKAIT
    • Website Resmi Portal E-Gov Aplikasi Simaya PPID Sumbar
  • CONTACT
    BPBD PROVINSI SUMATERA BARAT

    Email : bpbd@sumbarprov.go.id

    Alamat : Jl.Jendral Sudirman No.47

    Telp : (0751) 890720

    Fax : (0751) 890721 Padang